facebooc

Minggu, 17 Februari 2013



*servis;

              Stabilizer Listrik 

                    
Fungsi Stabilizer Listrik atau AVR - Automatic Voltage Regulator atau Stavol - Stabilizer Voltage adalah untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang turun naik atau tidak stabil secara otomatis.
Sedangkan Manfaat dari Stabilizer Listrik atau AVR - Automatic Voltage Regulator atau Stavol - Stabilizer Voltage disamping sebagai penyetabil tegangan listrik adalah sebagai pelindung peralatan listrik atau electronic dari gangguan tegangan listrik yang tidak stabil yang dapat mengganggu kinerja mereka sehingga tidak maksimal dan perlindungan dari kerusakan akibat tegangan listrik yang berubah-ubah.
Stabilizer Listrik Yang bagus adalah yang dapat melindungi peralatan listrik dan elektronik serta perlindungan untuk diri sendiri dari tegangan listrik yang extrim

Kali ini yang akan saya servis adalah stabilizer stavol dengan gejala kerusakan tegangan outputnya kurang dari 220v, alat ini menggunakan sirkit pengatur tegangan dan juga motor otomatis. 
selidik punya selidik   motornya macet pada posisi tegangan 190 volt, karena sirkit penggerak motor otomatisnya tidak bekerja.
silakan siapkan beberapa peralatan penting ;
1. Obeng bunga/kembang, untuk lepas n pasang sekrup box stavolt
2. Solder+timah, untuk menyolder
3. AVO meter , untuk menguji komponen , juga untuk mengukur tegangan
4.Soldering pump untuk menyedot timah  pada waktu menyolder untuk pelepasan compoenen.


Untuk cara servisnya;

  • Coba nyalakan stavolt !.Seharusnya motor berputar sebentar menggerakkan engkol. Coba matikan lagi , seharusnya motor juga berputar sebentar menggerakkan engkol (berputar berbalik arah).
       
  • Semprot dengan cairan anti karat atau contact cleaner atau sejenisnya pada roda gigi motor penggeraknya, putar secara manual pada as trafo donatnya untuk memastikan as dan roda gigi tidak macet. 

  • Jika pada saat stavolt dihidupkan motor tidak berputar menggerakkan engkol , matikan stavol , lalu putar engkol secara manual (pakai tangan) ke posisi tengah. Hidupkan lagi stavolt , motor harus berputar sebentar (jangan sampai mentok menekan switch) , jika engkol sampai menyentuh switch , kemungkinan besar salah satu transistor final short.
              
  • Jika pada saat stavolt dihidupkan , tapi engkol tidak bergerak , kemungkinan juga transistor finalnya mati.

        
  • Ganti transistor pada sirkit elektroniknya disitu ada 2 buah s8050 dan 2 buah s8550. Silakan cabut transistornya menggunakan solder, terus dites menggunakan avo meter !
        
  • Jika transistor rusak , silakan ganti !
  • Cek juga kondisi dioda zener , jika rusak (tapi biasanya dioda zener jarang rusak) , ganti dengan yang masih baik !   
  • Jika sudah diganti semua komponennya yang rusak , rapihkan kembali seperti semula dan saatnya di test, jangan lupa baca "BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM" !
  • Jika engkol bergerak sebentar pada saat dimatikan, dan juga bergerak sebentar jika dihidupkan, bisa dipastikan stavolt sudah baik kondisinya.
  • Hidupkan stavolt lagi , ukur tegangan keluaran stabillizer , jika kurang atau lebih dari 220 volt , silakan putar (pake obeng) perlahan trimpot (pada pcb) sampai tegangan keluaran stabillizer menjadi 220 volt.

skema stavol toyosaki
   
ok. smoga ulasanku bermanfaat .


8 komentar:

  1. selamat pagi boss, akhirnya i, bosjuga nih yang ane cari, skema stavol toyosaki, tapi sayraang gambarnya kecil banget, jadi gak jelas, boleh dikirim ke email ane donk boss, coretan tangan langsung juga gak papa deh, tararengktu bos, hatur nuhun...

    BalasHapus
  2. udah saya coba, tapi trimpot nya ngga bisa kurang dari 228 volt. rentang dari 228 sampai 260. bagaimana cara agar bisa mencapai 220 volt. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau trimpot diputar tegangan lebih dari 220v tapi engkol bergerak sewaktu trimpot diputar biasanya nilai tahanan trimpot mengecil, coba ganti baru atau ganti trimpot dgn nilai yang lebih besar.ok

      Hapus
  3. perkiraan sementara input dari kumparan trafo yang di titik = 12V, 0V, 12V
    mungkin rusak. nah gimana cara cek nya dengan avo meter? pakai skala V AC dan Kabel Avo merah ( + ) ke 12V , Kabel Avo hitam ( - ) ke 0 V. Bener gak?

    BalasHapus
  4. Mas, saya punya stavol matsuyama 3000 juga tidak bergerak engkolnya. tegangan jadi menurun. saya memutar manual dengan tangan engkol itu juga tidak bisa bergerak. kira-kira solusinya bagaimana mas? mohon pencerahanya mas.

    BalasHapus
  5. Saya punya stavolt toyosaki tegangan maksimum 1000va

    Semalam g napa2 tapi pagi ini sewaktu mau nyalain tv stavoltnya ngambek g mau idup

    Bagini kondisinya lampu pada on/off masih menyala tapi jarum penanda pada stavolt masih pada posisi di 0 alias g naik
    Saya cek sekeringnya g apa2 tapi tetap saya coba ganti dengan sekering yang baru tapi hasilnya masih nihil

    Mohon pencerahaanya biar stavoltnya g ngambek lagi harus di apain yaaaa

    BalasHapus
  6. Mas yg punya saya merk kings,teg nya 150vsdh diganti transistor2nya 8055 2bh,dan 8550 2 bh.engkol pada saat on g berputar,klo di off berputar sbntr.diputar manual saat on,bergerak sekali sj..mohon info nya..

    BalasHapus