facebooc

Minggu, 24 Februari 2013

mather board





Pengertian motherboard


Motherboard adalah sebuah papan utama dari komputer biasa juga disebut dengan istilah mainboard dan biasa juga ada menyebutnya dengan Mobo. Pada papan utama atau Motherboard itu terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal modem, dan lain sebagainya. Sebagai pelengkap anda bisa lihat gambar motherboard dibawah ini:




1

Fungsi Motherboard


Fungsi Motherboard sebagai tempat untuk menempatkan komponen - komponen komputer serta mengatur kerja dari semua komponen - komponen yang terpasang pada motherboard itu sendiri. diantaranya mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen komputer . semua lalu lintas data ini diatur oleh motherboard, mulai dari alat peyimpanan data seperti harddisk dan CD-ROM, input (keyboard, mouse, scanner), serta output (printer).



Perkembangan Motherboard

perkembangan motherboard - pasar prosesor PC didominasi oleh intel akhir 1980-an sampai dekade 1990-an. Ada beberapa perusahaan prosesor untuk komputer, namun pengaruh mereka tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Intel. Lagian kebanyakan prosesor yang mereka buat masih menggunakan desain x86 buatan Intel juga.
Pada akhir tahun 1990an dan diawal tahun 2000an, Pasar prosesor tak lagi didominasi oleh Intel, karena pesaing mereka semakin menggila, seperti AMD, mengeluarkan prosesor K6-2 dan Athlon dan mampu bersaing dengan buatan Intel.
Dan di tahun itu pula sebuah industri penghasil chipset asal Taiwan, VIA Technologies, juga telah mampu membuat chipset yang berkualitas dan berharga murah. Para produsen motherboard tidak lagi tergantung pada Intel untuk merancang dan membuat motherboard mereka, sehingga perkembangan teknologi dan desain motherboard mengalami peningkatan yang sangat pesat.
Selain itu, demam Overclocking juga ikut serta dalam perkembangan motherboard. Para produsen Motherboard berlomba-lomba mengeluarkan Moterboard yg dirancang agar bisa dioverclock, dan sistem tetap stabil. Untuk motherboard yang tidak bisa dioverclock bisa dibilang sudah tidak laku lagi di pasar.
Nah saya kira cukup sekian dulu postingan tentang Fungsi Motherboard dan Perkembangan Motherboard ini, Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar