facebooc

Sabtu, 16 Februari 2013


  Cara Mengecek Kabel Antena TV yang Putus/ Rusak 

http://agusmetrix.blogspot.com.                                    


mengenai saya
http://agusmetrix.blogspot.com/2013/01/perum-cengkong-persada-servis.html









Salah satu kendala terbesar pada saat melakukan perbaikan televisi terutama bagian antena, kabel antena, maupun booster antena adalah pada saat ingin mengetahui suatu kabel apakah masih bagus atau sudah rusak. Rusak disini artinya kabel tersebut sudah putus, namun karena bagian yang putus adalah serabut dalamnya yang tertutup, jadi tidak akan kelihatan kalau dilihat dari luar, karena kondisi fisik kabel masih bagus.

Tanda-tanda televisi rusak kabel antena  biasanya bisa dilihat dari channel atau siaran TV yang tidak dapat ditangkap oleh televisi, atau gambar TV menjadi hitam-putih dan penuh dengan noise.

Hal-hal yang menyebabkan kabel TV rusak adalah karena biasanya antena dipasang di luar rumah sehingga menyebabkan kabel rapuh oleh hujan dan panas matahari. Ada cara sederhana mendeteksi kerusakan kabel antena, tepatnya mencari bagian mana dari kabel yang mengalami kerusakan.

Cara tersebut biasa saya gunakan untuk mengecek kabel antena yang sudah lama dipakai dan mengetahui dimana bagian yang harus dipotong atau disambung. Sayang kan, jika harus beli kabel baru padahal kabel yang lama masih bisa digunakan?

Caranya adalah dengan menggunakan multi tester analog, jarum atau pisau kecil. Pertama tarik kedua ujung kabel sehingga berdekatan, dan kemudian ikat probe multimeter pada salah satu ujung kabel, selanjutnya probe yang satunya akan kita gunakan untuk mengukur berpindah-pindah sepanjang bagian kabel.



Arahkan multimeter pada posisi ukur OHM, perlu diketahui bahwa bagian kabel antena yang sering mengalami kerusakan adalah putus di bagian serabut luarnya saja. Jadi abaikan bagian inti dalam, yang akan kita ukur adalah bagian serabut luar (bagian yang membungkus).
Sekarang setelah salah satu probe multimeter dipasang pada ujung kabel, gunakan jarum atau pisau untuk menusuk bagian kabel yang ingin diukur, misalnya kita ambil bagian tengah-tengahnya. Setelah jarum ditancapkan pada kabel, pastikan kalau jarum mengenai kabel serabut didalamnya, kemudian sambungkan dengan probe multimeter (ukur apakah nyambung atau tidak).
Nah, dengan cara diatas kita dapat mengetahui bagian mana dari kabel yang putus, dengan cara di ukur atau ditusuk jarum pada bagian kabel berurutan pindah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar